Rabu, 05 September 2007

Abstrak

Pada masa krisis ekonomi pada saat ini, dunia usaha tampak cukup goncang dengan perubahan yang cukup drastis dari nilai tukar Rupiah terhadap mata uang asing. Tampaknya usaha-usaha kecil, menengah, agribisnis yang lebih tahan terhadap perubahan ini. Melihat potensi yang ada pada usaha kecil & menengah untuk dapat survive dalam krisis moneter ini, tampaknya ada beberapa usaha utk membantu bidang usaha tersebut utk lebih effisien lagi dibantu dengan Teknologi Informasi.
Upaya dari seluruh pihak sangat diperlukan dalam pengembangan dan percepatan kemajuan UKM Salah satu peran yang penting adalah dari pemerintah. Kemampuan suatu negara di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi salah satu faktor daya saing yang sangat penting dewasa ini. Peran strategis dan tugas tersebut dapat dilaksanakan dengan membina UKM menjadi salah satu pemeran utama perkembangan ekonomi nasional dan tidak dipinggirkan oleh pelaku ekonomi yang lain. Keberhasilan dalam perbaikan kemampuan dari UKM, berarti memperkuat dunia usaha yang menyumbang pemulihan ekonomi nasional, sekaligus pada saat yang sama menyediakan dorongan yang nyata untuk pelaksanaan otonomi daerah.
Salah satu solusi atau upaya yang harus menjadi fokus perhatian kita semua pada masa sekarang ini adalah dengan pelatihan. Pelatihan bagi UKM bisa berupa aspek kewiraswastaan, manajemen, adminis­trasi, pengetahuan dan teknologi informasi. Bentuk pelatihan yang sekarang ini diperlukan oleh UKM adalah Knowledge Management, yaitu suatu proses pembelajaran organisasi bagaimana manusia dapat mengumpulkan aset pengetahuan (knowledge asset) dan menggunakannya untuk mendapatkan keunggulan kompetitif. Perlu dilakukan beberapa upaya untuk mendukung dan mendorong kemajuan UKM, terutama dalam pemanfaatan Knowledge Management, yaitu dengan meningkatkan sumber daya masyarakat (SDM) agar secara intelektual siap dan mampu bersaing, dan mengefektivkan sumber daya alam (SDA) dan SDM sehingga mampu dan memiliki daya saing. Salah satu unsur yang sangat mendukung terhadap kualitas knowledge management adalah pemanfaatan teknologi informasi di perusahaan secara optimal.
Kendala dalam program ini adalah dari berbagai studi yang telah dilakukan menemukan bahwa salah satu kendala yang serius dihadapi oleh UKM dalam bidang produksi tersebut adalah rendahnya kualitas SDM-nya. Latar belakang pendidikan pengusaha pada umumnya masih rendah, sehingga sulit memahami atau menguasai teknologi yang diperlukan dan sulit menerima/beradaptasi dengan proses pembaharuan akibat perkembangan iptek yang sangat cepat. Hal ini memerlukan usaha yang lebih dari semua pihak, terutama pemerintah untuk mengubah hambatan dan kelemahan menjadi kekuatan yang bisa memanfaatkan peluang untuk mencapai keunggulan kompetitif.

Tidak ada komentar: